√ Apa Itu Root? Berikut Penjelasan dan Resiko Melakukannya - Hafal Android
√ Apa Itu Root? Berikut Penjelasan dan Resiko Melakukannya

√ Apa Itu Root? Berikut Penjelasan dan Resiko Melakukannya

to read
Tak bisa kita pungkiri di era terkenalnya OS Android di seluruh penjuru dunia, selalu berngiang di telinga sebuah kata bernama Root. Sedangkan kadang orang itu sendiri melakukan hal tersebut tanpa mengetahui apa itu root sehingga setelah tahu mereka merasakan sangat kecewa dan ada pula sebagain yang senang karena sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan.

Jadi perlu kalian ketahui, dalam sebuah proses rooting itu terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan yang mana itu seslalu di sesuaikan tentang apa saja hal yang akan dilakukan kedepannya. Dan tetap tenang saja kok kalau tidak cocok dengan kondisi root bisa langsung ikuti cara unroot android yang sangat gampang sekali di praktekan.

Nah supaya ga panjang lebar, bagi kamu yang ingin mengetahui pengertian root secara jelas serta apa saja hal hal penting berkaitan dengan root. Berikut hafalandroid sajikan pada segmen berikut ini.

Apa Itu Root?

Pengertian Root Android

Pada kata root secara harfiahnya mempunyai arti akar dalam bahasa Indonesia. Sehingga secara kombinasi terhadap android maka mempunyai istilah akar suatu sistem Android. Sehingga kalian memperoleh kendali atau bisa disebut hak akses penuh terhadap pengoperasiannya. Sebagaimana fungsi akar pada tumbuhan.

Jadi menurut admin sendiri proteksi root itu sangatlah penting demi menjaga kendali ponsel kita gar tak dapat disalah gunakan oleh orang lain. Namun di sisi lain kalian bisa saja menyebutkan root tak akan mengubah menu default kalian, tapi itu tentu saja tidak mungkin.

Lebih uniknya OS Android ini ialah digunakannya basis Linux yang mengjadikan para penggunanya bsia memodifiaksi tanpa batas atau biasa disebut juga Open Source. Namun di beberapa merk HP seperti Xiaomi, Asus, HTC serta merk lainnya ada yang melarangnya dengan memakai Lock Boatloader.

Kesimpulan paling mudah untuk mengertikan apa itu root yaitu umpama warnet kita itu penjaga/admin operatornya yang adapat megnendalikan PC dalam warnet tersebut seenak jidat kita haha. Jadi tak heran apabila sekarang telah banyak yang menciptakan aplikasi root tanpa pc guna memperoleh keramahan sesama user yang ingin mengubah Android mereka.

Untuk lebih jelasnya cek yuk apa saja manfaat lainnya beserta resikonya juga dong :D

Kelebihan dan kekurangan root

Berikut ini merupakan beberapa fungsi root hp beserta resiko apa yang akan kalian hadapi setelah melakukan rooting. Antara lain 2 bagian itu yakni :

Kelebihan Root Android

Keuntungan HP Root

  • Dapat Memeasang Aplikasi Tipe Apapun
Untuk pertama yaitu kalian bisa menginstal aplikasi jenis apapun yang kalian butuhkan sekalipun itu aplikasi memerlukan hak ases Root penuh agar dapat melakukan performa maksimal. Seperti halnya pada cara mengembalikan file yang terhapus di android kalian, dimana itu sangat banyak memerlukan izin Root agar bisa bekerja maksimal. 

  • Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan
Selain dapat menambah secara mudah aplikasi tipe apapun, namun dengan mempunyai hak akses root maka kalian pun dapat menghapus apa aja aplikasi yang menurut kalian tak diperlukan dan malah mengganggu kinerja ponsel lebih maksimal seperti halnya aplikasi bawaan berupa hangout, cuaca, serta masih banyak lagi.

  • Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Sesuka Hati
Uniknya lagi berkat akses root, aplikasi bawaan yang telah kalian hapus tersebut bisa kalian backup saat mau ganti hp serta merestorenya di HP baru kalian. Namun menurut saya itu cukup berisiko sehingga mungkin demi mengamankan aplikasi kalian agar tak digunakan orang asing cobalah membaca cara menyembunyikan aplikasi di android kurang greget deh hehe.

  • Mengubah Tampilan Ponsel
Kalian melakukan oprek android? tentu tau dong apa saja itu isi didalam sebuah build.prof yap untuk mengubah ikon baterai, Sistem UIi disanalah tempatnya. Tinted  bar berubah ubah tentu awal mulanya dari sana, nah itu bisa kalian ubah sendiri sebagaimana keinginan kalian jika mempunyai akses root gan.

  • Memperhatikan Kinerja CPU dan Kernel
HP berkeadaan root menjadikan akses penuh kalian bisa bertindak sebagai pemaksimal kinerja atau bisa kita sebut overlock di CPU ponsel kamu. Yang mana batas maksimal kinerjanya akan terus berjalan sehingga prosesor tersbeut bisa dipakai kerja multitasking mantap. Namun jangan salah apabila batrai lebih boros ya.

Bahaya / Resikonya Root Android

Kekurangan Android Root

Eist, jangan termakan oleh banyaknya keuntungan saja yak karena kerugiannya jjuga lumayan bikin hati ngenes loh hehe. Antara lain berikut ini :

     1. Hilangnya garansi ponsel kamu
Dengan melakukan rooting ke ponsel kalian, maka secara tidak langsung itu sudah membuat ponsel kamu bukan lagi milik hak merk brand kamu alias mereka tak bertanggung jawab lagi terhadap apapun yang terjadi ke ponsel kamu. Secara mudah artinya tak ada GARANSI Lagi.

     2 Bisa membuat ponsel banyak masalah
Permasalahan setelah rooting akan sering kalian jumpai, bahkan bukan ketika sudah root saat prosesnya saja kalian bisa aja mengalami bootlop karena kegagalan yang disebabkan banyak faktor. Selain softbrick dan hardbrick yang disebabkan kegagalan rooting, ada juga hardware yang bisa mati karena sistem sudah tak bekerja sesuai aturan.

     3. Tidak bisa mengikuti update resmi
Ketika ponsel kalian dalam keadaan rooted, itu berarti segala hal yang berkaitan dengan keresmian sudah hilang sekali sebagaimana garansi tadi. Yess, kalian harus melakukan update versi secara manual melalui twrp atau cwm alias update OTA tak akan bisa dilakukan yang hanya tinggal 1 klik di pengaturan HP masing masing.

    4. Menurunakn Performa Ponsel
Rata rata sih orang melakukan root android itu para opreker yang ingin mencoba kinerja ponsel mereka supaya setara seperti ponsel mahal yaitu dapat bermain game dengan settingan high, aplikasi berukuran besar lancar dijalankan serta masih banyak lagi. Dimana untuk melakukan hal tersebut itu berarti diperlukan sebuah tweak dan tweak yang banyak itu tidak BAIK hehe.

    5. Menambah celah Keamanan
Celah kemanan akan terbuka lebar bagi para hacker ketika ingin menyelipkan sesuatu di ponsel kalian ebab tanpa pengawasan pembuat ponsel tentu kita sendiri masih perlu belajar bagaimana cara melindungi aplikasi yang kita miliki. Pasalnya jika malware masuk ke dokumen penting apa kalian bisa tenang?

Cara mengetahui ponsel sudah di root belum

Cara Cek Android Sudah di Root

Kalian sering melakukan tansaksi beli ponsel yang bekas? tentu aja wajib mengetahui yang satu ini. Sebab dengan patokan ini kalian berhak menawar barang tersebut serendah rendahnya. Yap dengan ponsel keadan rooted berarti si pemilik pertama sudah membuat kalian tak akan mendapatkan garansi ketika mengalami problem kedepannya. Oleh karean itu yuk ketahui bagaimana cara mengeceknya berikut ini :
  1. Instal aplikasi root checeker yang bisa didapatkan secara gratis di Playstore
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Klik check root status, dan tunggu proses selesai
  4. Maka akan muncul sebuah tulisan berwarna hijau bertuliskan "Congratulations, your android root status is available" sedangkan jika belum akan bertuliskan "Sorry, Root acces is not isntalled on your phone"
Begitulah kurang lebihnya artikel yang saya tahu soal pengertian root adalah, apa saja keuntunganny ayang mana itu jelas dibutuhkan sebagai pengguna android agar tak salah alam menerima sebuah iming iming jika root begini, serta tak ketakutan jika root ponselmu kedatangan ini haha semua perlu dipelajari dong.

Jadi baigamana apakah ponsel kalian root? berikan komentar ya, terlebih jika ada yang bisa kalian tambahkan ke artikel ini agar kami edit lebih lengkap lagi :D. Terima kasih sudah membaca secara seksama.

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]