4 Cara Flash HP Xiaomi Dengan & Tanpa PC Lengkap! - Hafal Android
 4 Cara Flash HP Xiaomi Dengan & Tanpa PC Lengkap!

4 Cara Flash HP Xiaomi Dengan & Tanpa PC Lengkap!

to read
Ponsel Xiaomi kamu bermasalah seperti banyak iklan, banyak virus ataupun hingga bootloop? jelas solusi terbaik yang ada dibenak kalian adalah melakukan flashing. Akan tetapi untuk melakukan flashing di ponsel Xiaomi ini tak semudah membalikan telapak tangan.

Sangat beragam hal yang menjadikan proses flashing di Xiaomi sulit, semisal kondisi HP yang diflash sudah parah dan tidak bisa masuk recovery nah untuk menggunakan cara lain yang masih tak memakai PC itu sangat sulist langkah satu satunya yaitu UBL (Unlock Bootloader) dan itu sangat beresiko.

Apabila kita sudah tau apa itu root tentu kalian mestinya sudah harus menguasai terlebih dahulu cara penanggulangannnya agar tak sampai ketitik tersebut. Pilihannya sangat sulit UBL=Resiko tinggi tidak UBL=Ponsel mati.

Pasalnya Xiaomi sendiri pun tak menyarankan para penggunanya untuk mengUBL. Nah namun kalian tenang saja karena beberapa cara yang hafalandroid.web.id sajikan buat memfalash ponsel xiaomi bermasalah tersebut tak memerlukan UBL. Seperti apa itu? silakan simak saja pada segmen dibawah ini.

Panduan Cara Flash HP Xiaomi Semua Tipe Lengkap


Sejatinya cara flashing ini bisa beragam karena juga kondisi HP yang akan di flash juga beraneka kondisinya ada yang masih bisa masuk recovery secara sempurna ada juga yang masuk secovery namun tak bisa instal .zip Oleh karena itu silakan dipilih mana yang cocok ya.

Persiapan sebelum flash HP Xiaomi

Ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan demi mendulang hasil sesuai keinginan dalam melakukan flashing ponsel Xiaomimu. Hal tersebut tentu meliputi alat dan bahan serta masih banyak lagi, nah lebih jelasnya antara lain yaitu :

1. HP Xiaomi

Sudah teramat jelas dong mau flashign HP Xiaomi perlu memeprsiapkan unit Xiaomi entah tipe apapun itu serta dalam kondisi apapun karena disini di kupas tuntas untuk beragam keadaan mulai dari mati total hingga ingin flash membersihkan iklan di HP Xiaomi saja.

2. PC/Laptop

Karena cara flash ini terbagi menjadi banyak hal nantinya jadi ada yang memerlukan bantuan PC ataupun cara flash hp xiaomi tanpa PC sama sekali. Jadi persiapkan saja jika tanpa bantuan PC tidak berhasil tidak ada jalan lain selain memakai PC.

3. Kabel Data / USB

Memerlukan bantuan PC tentu saja tak terlepas dari keperluan kabel data sebagai penghubung ponsel ke PC tersebut. Utamakan kabel data yang dipakai yaitu bawaan / original ponsel kamu, karena banyak kejadian menggunakan kabel bukan bawaan ternyata kabel terebut hanya untuk CAS saja meskipun sampe tua ya gaakan bsia dipakai flashing dong haha.

4. Camilan & Kopi

Selain 3 syarat pokok diatas nantinya akan terdapat beebrapa syarat yang dsesuaikan menggunakan cara flashing yang bagaimana. Lalu ada pula syarat sekunder yang membuat proses pengerjaan lebih terfokus dan tidak spaneng yaitu camilan & kopi serta tak lupa Berdo'a.

Sebutan dalam oprek Xiaomi


Adapun sebelum melakukan prses flashing HP Cina populer ini kalian perlu paham apa saja bahasa bahasa yang akan dijumpai nantinya. Jadi biar tidak kebingungan di tengah perjalanan saat mencoba proses flashingnya, antara lain istilah tersebut berikut ini :

  • Android Recovery

Istilah pertama yang sering kita jumpai di Xiaomi ialah Android recovery. Ini merupakan sebuah tool yang dipakai guna membuat proses factory reset, backup restore, diagnostic, update ataupun mode mode lain yang tujuannya memperbaiki suatu masalah ponsel tersebut.

  • Bootloader

Bootloader sendiri ialah aplikasi kecil yang termasuk bagian dari OS android itu sendiri yang mana mempunyai tugas untuk melakukan load / Runtime environment (lebih mudahnya kita kenal seperti recovery mdoe) ini akan terjadi saat proses POS (Power On Self Test) selesai saat booting mulai dilakukan.

  • UBL (Unlock Boot Loader)

Lawanan dari bootloader ini ialah Unlock boatloader, dimana cara ini wajib diikut bagi mereka yang hendak memflash partisi recovery atau gampangnya disebut ponsel Brick lumayan parah dan tak ingin ribet. Umumnya sih UBL ini pun mereka lakukan untuk mencoba merasakan dari fungsi root HP mereka sendiri seperti halnya mengganti recovery menjadi TWRP agar mudah menganti ganti ROM.

  • ADB (Android Debug Bridge)

ADB ini sendiri sangat jarang didengar pada ponsel lainnya, yang mana ini artinya sebuah Protocol pada OS Android supaya pengguna dapat meremote command ke Android yang terhubung ke komputer dengan kabel data / USB. Jadi supaya bisa melakukan command tersebut perangkan PCnya harus terinstal ADB Driver dahulu serta USB Debugging aktif.

Berikut ini beberapa daftar command yang biasa sering digunakan pengguna xiaomi saat memakai ADB ke ponsel mereka.
  • adb devices = menampilkan perangkat yang terkoneksi dengan protocol
  • ADB adb reboot = untuk merestart andorid
  • adb push = mengupload file dari komputer ke android
  • adb pull = mendownload file dari android ke komputer
  • adb remount = me remount file sistem dengan permision read/write
  • adb shell = masuk ke android shell command
  • adb reboot recovery = untuk merestart android dan masuk ke recovery mode
  • adb reboot edl = mengumah ke mode edl ADB tool dapat ditemukan di sub directory tempat kamu menginstall xiaomi flash tool

  • Fastboot

Fastboot sama seperti ADB dan berfungsi untuk remote command untuk perangkat android hanya saja ADB hanya berjalan dari dalam android ketika hidup sepenuhnya,  Sedangkan untuk menggunakan Fastboot android kamu tidak perlu hidup seutuhnya (Cukup masuk ke bootloader). Sehingga sangat cocok untuk melakukan perbaikan perangkat android yang brick/bootloop .

Dengan protocol fastboot kamu bisa nge flash recovery/boot partition dan system partition dengan catatan perangkat ledah di UBL. Untuk fastboot command yang sering dipakai/kamu jumpai nantinya yaitu sebagai berikut :
  • fastboot devices = menampilkan perangkat android yang terkoneksi dengan protocol fastboot
  • fastboot reboot = merestart android
  • fastboot reboot recovery = mereboot android dan masuk ke recovery mode
  • fastboot oem unlock = unlock boot loader
  • fastboot oem lock = lock boot loader
  • fastboot oem edl = merubah mode fastboot ke mode edl (Emergency Download mode)
  • fastboot oem device-info =menampilkan status device yang terkoneksi.

  • EDL (Emergency Download Mode)

Sebuah protokol yang dipakai oleh perangkat android berchipset QualComm yang mana ini mereka temukan saat hendak memperbaiki sesuatu yang terjadi pada ponsel mereka seperti halnya fhlashing masalah bootloop, hingga eror lainnya

  • Xiaomi Flash Tool

Sebuah tool andalana para user Xiaomi yang mana seslalu dipakai saat melakukan flashing terhadap ponsel xiaomi mereka, dalam paket instalasinya tersebut terdapat driver ADB juga sehingga tak perlu download ADB lagi.

  • Brick

Yap ini merupakan yang sering kami sebutkan tadi, Brick merupakan suatu kondisi sebutan bahwa android sedang tidak sehat antara lain sedang, bootloop, stuck logo internet atau wifi eror dan masih macam macam lainnya

  • Unbrick

Sama halnya seperti bootlooader atau unlock bootloder, ini pula ada brick dan juga ada unbrick, dimana unbrick ini merupakan suatu keadaan sudah melakukan proses pemebenahan dari eror di ponsel tersebut entah bootloopataupun stuck logo saja.

  • Recovery ROM

Ini merupakan sebuah bahan yang dipakai saat melakukan proses flash melalui recovery update atau mode update aman. File recovery ROM ini sendiri mempunyai ciri kahs seperti hanya berkstensi .zip saja tidak ada yang lain.

  • Fastboot ROM

Sebuah packing khusus dalam ROM untuk faslhing ke HP Xiaomi yap itulah Fastboot ROM. Dimana ROM ini bisa dipakai untuk flas lewat Fastboot mode ataupun EDL Mode. Untuk ciri khas bentuk filenya sendiri Fastboot ROM ini.tgz

  • TWRP (Team Win Recovery Project)

Sebuah recoveri android yang interfacenya sudah di kustomisasi agarlebih mudah dalam penggunaanya. Dan untuk pemasangannya ini memerlukanhak akses root jadi silakan baca cara root android kamu tipe apa atau bisa menggunakan aplikasi root android tanpa pc sesuai selera dah.

Cara Flash HP Xiaomi

Nah di langkah langkah ini terdapat 4 macam cara yang akan kami sajikan untuk berbagai tipe ponsel Xiaomi kamu. Lalu apa saja 4 cara tersebut antara lain sebagai berikut :

Penting! : Pastikan sebelum memulai flashing ini ponsel Xiaomi kamu dalam keadaan mempunyai daya baterai diatas 50% SANGAT WAJIB agar mencegah terjadinya mati saat tengah proses.

Cara Flash HP Xiaomi Tanpa PC

1. System Update

Jadi untuk cara yang pertama yaitu kalian bisa pakai / lewat update sistem yang mana ini sangat mudah dan tidak ribet sekali karena memang ini pilihan tepat bagi kondisi ponsel normal / lancar jaya.

Mau coba? berikut ini langkah demi langkahnya :
  1. Langkah awal yang perlu kalian tentu menyiapkan bahannya yakni ROM Official yang sesuai dengan tipe ponsel kamu. Kalian bisa mendownloadnya di : http://en.miui.com/download.html kami sarankan pilih global ya. (cek gambar)
  2. Lalu silakan pindahkan file ROM yang terunduh tadi (biasanya berformat .zip) ke penyimpanan telepon kamu jangan akrtu SD biar lebih mudah dua duanya juga boleh. Beri nama apa saja contoh di tutor ini "romsiap_flash".
  3. Jika sudah dipindah, kini kalian buka Updater di Xiaomi kamu, caranya masuk Pengaturan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > Klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih "Pilih Paket Pembaruan" cari file ROM yang telah siap tadi. (lebih jelas cek gambar)
  4. Selanjutnya silakan tunggu hingga proses angka persen mencapai 100% dan saat selsai ponsel akan meminta konfirmasi apakah langsung reboot atau reboot nanti saja silakan kalian tentukan sendiri.
  5. Selesai :D

2. Recovery Update

Cara yang berikutnya masih tanpa memerlukan bantuan PC yaitu melakukan flashing lewat recovery update. Biasanya cara ini dipakai untuk kondisi HP normal atau sedikit brick yang penting bisa masuK recvoery.

Jika mau mencoba cara ini ikuti langkah langkah berikut ini :
  1. Pertama, kalian perlu persiapkan bahannya yaitu ROM resmi ponsel Xiaomi yang bisa kalian dapatkan di http://en.miui.com/download.html kami sarankan ROM Global saja biar tidak ribet.
  2. Lalu pindahkan file ROM yang telah terdownload tadi ke penyimpanan ponsel kamu kami sarankan di Internal dan diluar folder jangan didalam suatu folder apapun.
  3. Berikutnya, kalian masuklah ke Mode Recover ponsel Xiaomi, terdapat 2 macam cara untuk masuknya yakni bisa dengan kombinasi tombol Power + Volume atas dalam kondisi ponsel mati. atau dengan cara melalui pembaruan sistem layaknya poin system update.(lebih jelas cek gambar)
  4. Apabila berhasil masuk ke mode recover, pahami cara kerjanya yaitu tombol power sebagai bentuk konfirmasi / menyatakan pilihan, lalu tombol volume atas dan bawah untuk menggerakan keats bawah sesuai yang ingin dipilih nantinya.
  5. Saat sudah paham pilih saja install update .zip to system, lakukan konfirmasi yes setelah tombol power dipencet. Secara otomatis proses flash akan berjalan
  6. Silakan tunggu hingga proses mencapai 100%
  7. Apabila sudah kembali lakukan pilihan di mode recovery tersebut dan pilihlah reboot to system.

Cara Flash HP Xiaomi dengan PC

3. Fastboot Update

Di cara yang ketiga inilah kita mulai memerlukan bantuan PC dalam proses flashingnya. Karena  untuk cara ini akan dipakai oleh kondisi HP Xiaomi brick ringan sama halnya point kedua.

Mau nyoba cara ini silakan perhatikan beberapa stepnya di segmen berikut :
  1. Awalnya silakan unduh Xiaomi fastboot Room yang sesuai terhadap tipe ponsel xiaomi kamu di situs : http://en.miui.com/a-234.html kami sarankan rom global saja ya. 
  2. Umumnya sih file rom fastboot tersebut mempunyai format .taz silakan extract saja pakai winrrar di PC kamu.
  3. Lalu silakan persiapkan MiFlash Toolnya disini dan instal sampai sukses lalu jalankan aplikasi tersebut.
  4. Sebelum menghubungkan ponsel Xiaomi ke PC matikan terlebih dahulu lalu masuk ke Fastboo mode caranya tekan tombol Power + Volume Down (-) silakan tahan hingga muncul gambar kelinci bertuliskan Fastboot.
  5. Pada layar apliaksi MiFlash Tool silakan tekan refresh dan lihat apakah ponsel Xiaomimu itu terdeteksi langsung
  6. Kini tinggal klik di select lalu temukan folder hasil ekstractan Fastboot Room yang telah kami persiapkan sebelumnya. Kemudian pilih salah satu opsi dibagian bawah antara Clean and Lock, Clean All ataupun Save User Data.
  7. Seusai setting telah dilakukan secara baik, kini kalian klik saja pada "Flash" apabila muncul popup warning bertuliskan "Missmatching image and device" artinya ROM kalian itu tidak sesuai dengan tipe ponsel mu. Lalu apabila tulisan warningnya "Flash tz error" kalian tak dapat melmakai cara ini karena ponsel terkena LOCK solusinya yaitu EDL.
  8. Biarkan proses flashing sampai akan ditandai tulisan hijau succes di bagian result MiFlashnya
  9. Setelah itu selesai maka dengan sendirinya pun ponsel Xiaomi kamu akan melakukan restart dan taraa saat hidup ponsel kamu sudah bersih bening seperti tanpa kaca :v.
Catatan! : Agar dapat menggunakan cara flashing ini, maka diwajibkan ponsel kamu tak mengalami "error hello packet, critical pratition flashing is not allowed" jika itu ada maka ponsel kamu bisa dibilang berkadaan brick yang cukup serius dan satu satu cara termudah tanpa perlu UBL yaitu memakai EDL Mode. 

4. EDL Mode


Ini dia cara terampuh yang bisa kalian pakai untuk flashing ponsel Xiaomi baik keadaan ponsel nornal, ataupun keadaan ponsel kamu hardbrick parah seperti tak bisa masuk recovery secara halus ataupun semacamnya.

Adapun sebelum melakukan proses flashingnya kalian harus bisa masuk ke EDL modenya dan itu terbagi 6 cara antara lain yaitu :

  • Melaluii menu recovery
  1. Mula mula silakan masuk ke recover mode kamu dengan cara Power + Volume Atas kemudian di layar menu recovery pilihlah "Downlaod" (lebih jelas cek gambar).
  2. Secara otomatis ponsel seperti mati dan BLANK dan itu yang menandakan jiak ponsel kamu telah masuk mode EDL


  • Kombinasi Tombol
Cara yang kedua ini pun cukup mirip dengan cara pertama hanya saja kita tak perlu menghidupkan atau masuk menu recovery cukup menyambungkan ke PC dan mengikuti tutori berikut ini :

  1. Silakan matikan ponsel kamu lalu tekan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah sembari itu harus disambungkan ke kabel USB yang terhubung ke PC. (cek gambar)
  2. Terus tahan sembari memperhatikan lampu idikeator Xiaomi kamu apabila kedip kedip dan pada layar PC dapat dikenali dengan mudah maka itu tandanya sukses.

  • Fastboot Command
Cara berikutnya untuk bisa masuk ke EDL mode yaitu Fastboot Command dimana ini seperti halnya CMD tapi kita menggerakan ponsel. Nah biar ga penasaran seperti ini langkahnya :
  1. Apabila ponsel sudah tersambung ke PC/Laptop kamu melalui fastboto mode jadi langsung saja kalian temukan folder lokasi instalasi MiFlash Tool berada. Umumnya sih ada di (C:\XiaoMi\XiaoMiFlash\Source\ThirdParty\Google\Android)
  2. Kemudian silakan kalian ketik cmd lalu enter di addresbar flashtool tersebut ditemukan
  3. Perlu dicatat bahwa lakukan pengecekan sebelum memulai dengan cara mengetik perintah fastboot.exe devices apabila disana muncul device id berupa nomor itu artinya memang ponsel telah terhubung secara baik ke PC kamu.
  4. Lalu sekarang ketikan pulan kode berikut ini di CMD yang telah dibuka dan tekan enter.Ketik cmd dan enter pada addressbar lokasi flashtool berada
  5. Ketikan kode fastboot.exe oem edl (silakan cek gambar)
  6. Selesai deh sukses sekarang ponsel kamu udah masuk mode EDL tinggal mengiktui tutor flash dengan EDLnya dibawah

  • ADB Command
Nah sejatinya untuk cara ADB Command ini tak jauh ebrbeda seperti poin ketiga yaitu menggunakan bentuk command hanya saja toolsnya yang berbeda. Lebih jelasnya jika mau mencoba iktui langkah berikut ini :
  1. Syarat utama yang kamu perlukan agar bisa berjalan yaitu mode USB Debugging sudah aktif yang ada di menu Pengaturan > Opsi Pengembang.
  2. Kemudian masuklah ke tempat folder ABD Tool berada yang biasnya itu ada di directory MiFlash Tool juga (C:\XiaoMi\XiaoMiFlash\Source\ThirdParty\Google\Android)
  3. Lalu bukalah CMD di layar windows explorer tersebut (persis seperti langkah Fastboot poin 3)
  4. Selanjutnya masukkan command yang persis juga seperti poin 3 yaitu cek device dengan command fastboot.exe devices
  5. Ketik lagi fastboot.exe oem edl  dan otomatis Tool akan memproses masuk ke EDL mode

  • USB Deep Flash Cable (DFC)

Ini sih caranya kalau dijelaskan sangat panjang dan lebar pasti bosen kalau baca yak, jadi kamu sediakan videonya saja ya bair kalian bisa tonton dan klau masih gapaham silakan cari di Google udah banyak yang bahas.


  • Test Point

Nah untuk cara agar masuk EDL yang terakhir jika beragam 5 macam cara diatas tadi masih tidak sukses maka solusi terbaiknya yaitu hanya dengan melakukan Test Point yang mana ini membongkar HP kamu untuk ngejumpernya.

Jadi apabila dengan 6 cara tersebut salah satunya sudah berhasil membuat masuk ke EDL maka proses flashing kalian bisa lakukan seperti berikut ini :

Langkah langkah flashing dengan EDL Mode :
  1. Sejatinya cara ini tak jauh berbeda seperti Fastboot Mode, ataupun atau ADB Command
  2. Yaitu siapkan untuk download Fastboot ROM yang sesuai dengan seri ponsel Xiaomi kamu (Download Disini).
  3. Kemudian instal juga MIFlash Tool dan jalankan jika sudah sukses di Instaal.
  4. Masuklah ke mdoe EDLnya, lalu sambungkan ke PC lewat kabel data
  5. Tekan tombol refresh di aplikasi MiFlash Tool tersebut
  6. -Apabila beragam pengaturan sudah kalian rasa pas dan cocok, maka silakan tekan pada tombol Flash. Jika ada peringatan “Missmatching image and device” itu menandakan ROM yang kamu download tidak cocok, lalu apabila peringatannya “Flash tz error” maka xiaomi kamu kena LOCK , silakan lakukan flashing dengan EDL
  7. Tunggu hingga proses selseai dan akan tidandai engan tulisan "Succes" secara otomatis saat itu juga ponsel kamu akan melakukan RESTART.
Udah sukses flashing masih mau root lagi? oke deh silakan baca : Cara Root HP Xiaomi yang sudah terbukti agar tidak gagal ujung ujungnya brick haha.
Jadi begitulah kurang lebih beragam cara flash HP Xiaomi yang bisa kamu terapkan saat mengalami beragam persmasalahan dalam ponsel kamu. Ada 1 hal yang sangat disayangkans aat kita sudah mengembalikan ponse ke keadaan semula yaitu kita tak bisa lagi menggunakan cara menyembunyikan aplikasi di android ataupun cara mengembalikan file yang terhapus di android karena itu memerlukan hak akses root dan dimana itu juga penyeban ponsel bisa bootloop haha membingungkan.

Apabila kalian mempunyai pengalaman sendiri dalam melakukan flashing Xiaomi sialkan berkomentar ya agar kami tambahkan di artikel ini :D, Terima kasih sudah membacanya secara baik baik.

Read More >>
Buka Komentar

Masih 0 Orang Mengomentari

Daftar Isi [tampilkan]